Peran
Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating
Variable
dari Pengaruh Earnings Management Terhadap
Nilai
Perusahaan
Vinola
Herawaty
Universitas
Trisakti, Indonesia
Email:
vinolaherawaty@yahoo.com
ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh earnings management terhadap
nilai perusahaan, praktek corporate governance nilai perusahaan dan
pengaruh praktek corporate governance terhadap hubungan antara earnings
management dan nilai perusahaan dan memahami peranan praktek corporate
governance terhadap praktek earnings management yang dilakukan yang perusahaan
dalam upaya meningkatkan nilai perusahaan. Hasil penelitian membuktikan corporate
governance berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan
dengan variabel komisaris independen dan kepemilikan institusional. Kepemilikan
manajerial akan menurunkan nilai perusahaan sedangkan kualitas audit akan
meningkatkan nilai perusahaan. Komisaris independen, kualitas audit dan
kepemilikan institusional merupakan variabel pemoderasi antara earnings
management dan nilai perusahaan sedangkan kepemilikan manajerial bukan
merupakan variabel pemoderasi. Earnings management dapat
diminimumkan dengan mekanisme monitoring oleh komisaris independen, kualitas audit
dan institusional ownership
Kata
kunci: corporate governance, earnings management, institusional ownership,
komisaris
independen,
kualitas audit
PENDAHULUAN
Salah satu cara yang dilakukan manajemen dalam
proses penyusunan laporan keuangan yang dapat mempengaruhi tingkat laba yang
ditampilkan adalah earnings management yang diharapkan dapat meningkatkan Nilai perusahaan pada saat tertentu. Tujuan earnings management
adalah meningkatkan kesejahteraan pihak tertentu walaupun dalam jangka
panjang tidak terdapat perbedaan laba kumulatif perusahaan dengan laba yang
dapat diidentifikasikan sebagai suatu keuntungan (Fischer dan Rosenzweirg 1995;
Scot 1997:294). Earnings management yang dilakukan manajemen perusahaan
akan meningkatkan nilai perusahaan (Tobin’s Q) lalu kemudian akan turun (Morck,
Scheifer & Vishny 1988). Earnings management dapat menimbulkan masalah
masalah keagenan (agency cost) yang dipicu dari adanya pemisahan peran
atau perbedaan kepentingan antara pemegang saham (principal) dengan
pengelola…
0 comments:
Post a Comment