Jurnal Lengkap

Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating Variable dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai Perusahaan


Peran Praktek Corporate Governance Sebagai Moderating

Variable dari Pengaruh Earnings Management Terhadap Nilai

Perusahaan



Vinola Herawaty

Universitas Trisakti, Indonesia

Email: vinolaherawaty@yahoo.com



ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh earnings management terhadap nilai perusahaan, praktek corporate governance nilai perusahaan dan pengaruh praktek corporate governance terhadap hubungan antara earnings management dan nilai perusahaan dan memahami peranan praktek corporate governance terhadap praktek earnings management yang dilakukan yang perusahaan dalam upaya meningkatkan nilai perusahaan. Hasil penelitian membuktikan corporate governance berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan dengan variabel komisaris independen dan kepemilikan institusional. Kepemilikan manajerial akan menurunkan nilai perusahaan sedangkan kualitas audit akan meningkatkan nilai perusahaan. Komisaris independen, kualitas audit dan kepemilikan institusional merupakan variabel pemoderasi antara earnings management dan nilai perusahaan sedangkan kepemilikan manajerial bukan merupakan variabel pemoderasi. Earnings management dapat diminimumkan dengan mekanisme monitoring oleh komisaris independen, kualitas audit dan institusional ownership

Kata kunci: corporate governance, earnings management, institusional ownership, komisaris

independen, kualitas audit



PENDAHULUAN

Salah satu cara yang dilakukan manajemen dalam proses penyusunan laporan keuangan yang dapat mempengaruhi tingkat laba yang ditampilkan adalah earnings management yang diharapkan dapat meningkatkan Nilai perusahaan pada saat tertentu. Tujuan earnings management adalah meningkatkan kesejahteraan pihak tertentu walaupun dalam jangka panjang tidak terdapat perbedaan laba kumulatif perusahaan dengan laba yang dapat diidentifikasikan sebagai suatu keuntungan (Fischer dan Rosenzweirg 1995; Scot 1997:294). Earnings management yang dilakukan manajemen perusahaan akan meningkatkan nilai perusahaan (Tobin’s Q) lalu kemudian akan turun (Morck, Scheifer & Vishny 1988). Earnings management dapat menimbulkan masalah masalah keagenan (agency cost) yang dipicu dari adanya pemisahan peran atau perbedaan kepentingan antara pemegang saham (principal) dengan pengelola…

0 comments:

Post a Comment